Powered By Blogger

Selasa, 22 Februari 2011

Array

Menurut definisinya, Array adalah sebuah variabel yang dapat menyimpan lebih dari satu nilai sejenis (memiliki tipe data yang sama). Hal ini tentu berbeda dengan variabel biasanya yang hanya dapat menampungn satu buah nilai.Satu nilai yang disimpan dengan array disebut elemen array, sedangkan nilai urut yang digunakan untuk mengaksesnya disebut index array. Dalam bahasa pascal, pendeklarasian array dilakukan dengan menggunakan kata kunci array dan tipe data yang akan disimpan didalamnya. Berikut ini bentuk pendeklarasianya.

NamaArray : array [IndeksArray..IndeksAkhir] of tipe_data;

Sebagai contoh, apabila kita akan mendeklarasiakan array dengan nama A yang berisi 10 buah elemen yang bertipt integer, maka kita dapat menuliskanya dengan cara berikut.

Var

A : array [1..10] of integer;

Pada kode tersebut, indeks awal dimulai dari satu. Perlu diperhatikan bahasa pascal berbeda dengan bahasa C yang indeks array-nya selalu dimulai dari nol. Dalam bahasa pascal dapat dimulai dengan bilangan berapapun, selain itu indeks array dapat betipe karakter maupun tipe enumerasi. Berikut ini contoh - contoh kode yang dapat digunakan untuk mendeklarasikan 10 buah elemen array bertipe integer sebagai penggantoi kode diatas.

Var

A1: array[0..9] of integer;

A2: array[5..15] of integer;

A3: array['a'..'j'] of integer;

A4: array['A'..'J'] of integer;

Dalam bahasa pascal, terdapat dua buah fungsi yang dapat digunakan untuk mengambil indeks terendah dan tertinggi dari sebuah array, yaitu fungsi Low dan High. Adapun parameter dari kedua fungsi tersebut adalah nama array yang akan dicari indeksnya. perhatikan contoh kode berikut.

Var

A: array[1..100] of integer;

Terendah, tertinggi: integer;

Begin

Terendah:= Low(A); {akan menghasilkan nilai 1}

Tertinggi:= High(A); {akan menghasilkan nilai 100}

...

End.

MENGAKSES ELEMEN ARRAY

Disini saya akan menjelaskan cara untuk memanipulasi array, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisikan nilai ke dalam elemen-elemen array bersangkutan. Adapun bentuk umum untuk pengisian eleman array adalah sebagai berikut.
NamaArray[indeks]:= nilai;
Untuk lebih memahaminya, coba anda perhatikan terlebih dahulu contoh kode di bawah ini.
Var
A: array[1..100] of integer;
Begin
A[1]:= 1; {mengisi elemen pertama dengan nilai 1}
A[2]:= 2; {mengisi elemen kedua dengan nilai 2}
A[3]:= 3; {mengisi elemen ketiga dengan nilai 3}
……..
A[100]:= 100; {mengisi elemen keseratus dengan nilai 100}
End.

Kode tersebut akan melakukan pengisian 100 elemen array dengan nilai 1 sampai 100 sehingga kode tersebut akan lebih sederhana apabila dituliskan dengan menggunakan struktur pengulangan seperti yang terlihat pada kode berikut.
Var
A: array[1..100] of integer;
I: integer;
Begin
For i:=1 to 100 do begin
A[i]:= I ;
End;
End.

     sumber : http://terminaltechno.blog.uns.ac.id/2009/06/16/implementasi-array-pada-pemrograman-pascal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar